Makalah
Menganalisis Website OLX.com dengan SWOT
Disusun
Oleh:
Nama : Rr Yusi Anggriana
NIM : 12.12.0284
Kelas : SI 12 E
Sekolah
Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
STMIK
AMIKOM PURWOKERTO
2014
BAB
I
Pendahuluan
A. Latar
Belakang
Dengan berkembangnya dan tingkat kebutuhan
dan teknnologi dan informasi di bidang ekonomi dan perdagangan. Para usahawan
atau investor asing dari beberapa negara
di dunia bisa dengan bebas keluar masuk ke indonesia yang merupakan salah satu
pasar terbesar di dunia. Persaingan bisnis yang semakin ketat sebagai dampak
dari pasar bebas,memaksa para produsen menentukan strategi pemasaran yang
paling efektif dan efisien agar produknya cepat dan laku di pasarkan.
Dengan Website jual beli ini konsumen dimudahkan untuk
menjual barang yang sudah tidak terpakai lagi atau sekedar ingin tukar tambah
atau bahkan ingin ganti barang baru lagi sesuai kesepakatan dengan pihak kedua.
Konsumen juga bisa membeli barang yang sedang dibutuhkan tanpa harus keluar
rumah, tetapi kebanyakan barang – barang yang di jual di OLX merupakan barang
bekas, namun tidak perlu kawatir akan barang yang dibeli itu dalam keadaan
rusak. Konsumen biasanya membuat kesepakatan ke-2 belahpihak untuk transaksi
atau mengecek barang yang akan di beli.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Website
Website adalah kumpulan dari halaman - halaman situs, yang terangkum
dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide
Web
( WWW ) di dalam Internet. Sebuah halaman web
biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML ( Hyper Text Markup
Language ), yang selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang
menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para
pemakai melalui web browser.dan Website atau situs dapat juga diartikan sebagai
kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau
gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang
bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang
saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan
halaman (hyperlink).
B.
TokoBagus / OLX
Tokobagus/OLX adalah
sebuah situs dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk
maupun jasa .OLX sangat mudah untuk digunakan dan lebih murah dibandingkan
surat kabar atau media iklan lain. Sesungguhnya, memasang iklan di OLX adalah
benar-benar GRATIS untuk suatu periode tertentu.
OLX juga merupakan search engine friendly, yang berarti tidak hanya pengunjung dari OLX yang akan menemukan iklan anda tetapi juga orang-orang yang mencari produk atau jasa dengan menggunakan search engine seperti Google juga akan menampilkan.
Jika menginginkan publikasi yang maksimum dan GRATIS serta ingin sukses di dalam bisnis atau hanya sekedar menjual barang bekas, maka OLX.com adalah solusinya. Website ini adalah nomor satu dan terpopuler serta mecakup seluruh wilayah Indonesia. Karena strategi yang kuat dan media publikasi yang besar kini OLX telah mempunyai lebih dari 100.000 pengunjung setiap hari.
OLX juga merupakan search engine friendly, yang berarti tidak hanya pengunjung dari OLX yang akan menemukan iklan anda tetapi juga orang-orang yang mencari produk atau jasa dengan menggunakan search engine seperti Google juga akan menampilkan.
Jika menginginkan publikasi yang maksimum dan GRATIS serta ingin sukses di dalam bisnis atau hanya sekedar menjual barang bekas, maka OLX.com adalah solusinya. Website ini adalah nomor satu dan terpopuler serta mecakup seluruh wilayah Indonesia. Karena strategi yang kuat dan media publikasi yang besar kini OLX telah mempunyai lebih dari 100.000 pengunjung setiap hari.
Menurut saya asal mulai dari toko online adalah dari sesorang yang ingin
memiliki usaha tetapi tisak memiliki modal yg cukup untuk menyewa tempat atau
pun membeli,sehingga orang tersebut melirik internet sebagai media penjualanya
atau sebagai lapak,sehingga muncul lah toko online.
Menurut saya toko bagus/OLX sendiri merupakan fasilitator yaitu sebuah
media dimana kita bisa menjadi penjual dan pembeli. yang dimana tuku bagus juga
memiliki kelemahan dan kelebihan.
C.
Analisis
SWOT Toko Bagus
1.
Strength (kelebihan /kekuatan)
a.
toko bagus ini sangat mudah diakses dalam hal
mendaftar,menjual (memasang iklan) ataupun membeli
b.
gampang
ditemukan di search engine(memiliki page rank yang tinggi
c.
tampilan dan
toolbar mudah dipahami mulai dari kategori sampai keterangan2 yang lain..
d.
untuk tampilan
warna font dan tata letak juga sudah bagus dan tepat.
2.
weaknesses (kelemahan)
a.
toko bagus ini memakai bahasa indonesia sehingga situs
ini tidak dapat go internasional.
b.
rawan penipuan,oleh karena itu kita harus benar2
wasapada.
3.
Opportunities (peluang)
a.
Masyarakat di Indonesia sebenarnya masih ragu akan
pembelian barang atau jasa di internet (jual beli online),karena mereka
menganggap bahwa jual beli tersebut sangat rawan akan penipuan padahal tidak
semua jual beli online itu bisa ditipu kita dapat mengantisipasinya ,dan toko
bagus juga menyediakan cara-cara jual beli aman lewat toko bagus yang
disediakan di toolbar atas halaman toko bagus. Dan biasanya jual beli online
itu biasanya memakai b.inggris sedangkan msyrakat indonesia sendiri tidak semua
bisa berbahasa inggris, kesempatan itulah yg diambil oleh toko bagus,karena
toko bagus sendiri memakai bahasa indonesia yang artinya memudahkan
masyarakat indonesia sendiri untuk jual beli online.
4.
Threat (ancaman)
a.
Ancaman dari situs web penyedia iklan gratis yg lain.
b.
Ancaman dari hacker.
c.
Penipuan
BAB III
KESIMPULAN
Toko bagus merupakan website jual-beli yang memudahkan
banyak orang terutama bagi orang yang sibuk dengan pekerjaan seseorang. Tetapi
website ini terancam akan hacker ataupun Penipuan alangkah baiknya website ini
di buat lebih resmi supaya aman tidak ada penipuan dan tidak ada yang dirugikan.
Website tersebut dengan tampilannya sudah bagus elegan
perpaduan warnanya tidak mencolok dan
mudah dioperasikan. Tidak menyulitkan konsumen atau pemakai.
.
makasihh ya
BalasHapusterima kasih share ilmunya
BalasHapusHahahhhaa
BalasHapusMantap
BalasHapus