Jumat, 12 Desember 2014

makalah menganalisis website OLX

Makalah
Menganalisis Website OLX.com dengan SWOT


 







Disusun Oleh:

               Nama   :  Rr Yusi Anggriana
               NIM    :  12.12.0284
               Kelas   :  SI 12 E



Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer
STMIK AMIKOM PURWOKERTO
2014


BAB I
Pendahuluan
A.     Latar Belakang
Dengan berkembangnya dan tingkat kebutuhan dan teknnologi dan informasi di bidang ekonomi dan perdagangan. Para usahawan atau investor  asing dari beberapa negara di dunia bisa dengan bebas keluar masuk ke indonesia yang merupakan salah satu pasar terbesar di dunia. Persaingan bisnis yang semakin ketat sebagai dampak dari pasar bebas,memaksa para produsen menentukan strategi pemasaran yang paling efektif dan efisien agar produknya cepat dan laku di pasarkan.
Dengan Website  jual beli ini konsumen dimudahkan untuk menjual barang yang sudah tidak terpakai lagi atau sekedar ingin tukar tambah atau bahkan ingin ganti barang baru lagi sesuai kesepakatan dengan pihak kedua. Konsumen juga bisa membeli barang yang sedang dibutuhkan tanpa harus keluar rumah, tetapi kebanyakan barang – barang yang di jual di OLX merupakan barang bekas, namun tidak perlu kawatir akan barang yang dibeli itu dalam keadaan rusak. Konsumen biasanya membuat kesepakatan ke-2 belahpihak untuk transaksi atau mengecek barang yang akan di beli.
Dalam penulisan ini penulis mengambil contoh website www.OLX.com .


BAB II
PEMBAHASAN
A.     Pengertian Website
Website adalah kumpulan dari halaman - halaman situs, yang terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web
 ( WWW ) di dalam Internet. Sebuah halaman web biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format HTML ( Hyper Text Markup Language ), yang selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu sebuah protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.dan Website atau situs dapat juga diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

B.     TokoBagus / OLX
Tokobagus/OLX adalah sebuah situs dimana perusahaan dan perorangan dapat menjual dan membeli produk maupun jasa .OLX sangat mudah untuk digunakan dan lebih murah dibandingkan surat kabar atau media iklan lain. Sesungguhnya, memasang iklan di OLX adalah benar-benar GRATIS untuk suatu periode tertentu. 
OLX  juga merupakan search engine friendly, yang berarti tidak hanya pengunjung dari OLX  yang akan menemukan iklan anda tetapi juga orang-orang yang mencari produk atau jasa dengan menggunakan search engine seperti Google juga akan menampilkan.

Jika menginginkan publikasi yang maksimum dan GRATIS serta ingin sukses di dalam bisnis atau hanya sekedar menjual barang bekas, maka OLX.com adalah solusinya. Website ini adalah nomor satu dan terpopuler serta mecakup seluruh wilayah Indonesia. Karena strategi yang kuat dan media publikasi yang besar kini OLX telah mempunyai lebih dari 100.000 pengunjung setiap hari.

Menurut saya asal mulai dari toko online adalah dari sesorang yang ingin memiliki usaha tetapi tisak memiliki modal yg cukup untuk menyewa tempat atau pun membeli,sehingga orang tersebut melirik internet sebagai media penjualanya atau sebagai lapak,sehingga muncul lah toko online.

Menurut saya toko bagus/OLX sendiri merupakan fasilitator yaitu sebuah media dimana kita bisa menjadi penjual dan pembeli. yang dimana tuku bagus juga memiliki kelemahan dan kelebihan.


C.     Analisis SWOT Toko Bagus
1.      Strength (kelebihan /kekuatan)
a.       toko bagus ini sangat mudah diakses dalam hal mendaftar,menjual (memasang iklan) ataupun membeli
b.       gampang ditemukan di search engine(memiliki page rank yang tinggi
c.        tampilan dan toolbar mudah dipahami mulai dari kategori sampai keterangan2 yang lain..
d.       untuk tampilan warna font dan tata letak juga sudah bagus dan tepat.
2.      weaknesses (kelemahan)
a.       toko bagus ini memakai bahasa indonesia sehingga situs ini tidak dapat go internasional.
b.      rawan penipuan,oleh karena itu kita harus benar2 wasapada.
3.      Opportunities (peluang)
a.       Masyarakat di Indonesia sebenarnya masih ragu akan pembelian barang atau jasa di internet (jual beli online),karena mereka menganggap bahwa jual beli tersebut sangat rawan akan penipuan padahal tidak semua jual beli online itu bisa ditipu kita dapat mengantisipasinya ,dan toko bagus juga menyediakan cara-cara jual beli aman lewat toko bagus yang disediakan di toolbar atas halaman toko bagus. Dan biasanya jual beli online itu biasanya memakai b.inggris sedangkan msyrakat indonesia sendiri tidak semua bisa berbahasa inggris, kesempatan itulah yg diambil oleh toko bagus,karena toko bagus sendiri  memakai bahasa indonesia yang artinya memudahkan  masyarakat indonesia sendiri untuk jual beli online.
4.      Threat (ancaman)
a.       Ancaman dari situs web penyedia iklan gratis yg lain.
b.      Ancaman dari hacker.
c.       Penipuan



BAB III
KESIMPULAN

Toko bagus merupakan website jual-beli yang memudahkan banyak orang terutama bagi orang yang sibuk dengan pekerjaan seseorang. Tetapi website ini terancam akan hacker ataupun Penipuan alangkah baiknya website ini di buat lebih resmi supaya aman tidak ada penipuan dan tidak ada yang dirugikan.
Website tersebut dengan tampilannya sudah bagus elegan perpaduan warnanya  tidak mencolok dan mudah dioperasikan. Tidak menyulitkan konsumen atau pemakai.

.

4 komentar: